Tuesday, December 18, 2012

Fungsi Gendhing Beksan pada Tari Bedhaya

 oleh: Rasyadan Muhammad - 12112117

Beberapa macam Bedhaya seperti bedhaya Sukaharjo, bedhaya Pangkur, bedhaya Ela-ela, dan  lain sebagainya kebanyakan memiliki vokabuler gerak yang sama, busana yang sama dan susunan dasar yang sama (maju beksan dan mundur beksan). Sementara itu perbedaan yang ada di tari bedhaya terletak pada urutan susunan gerak, pola lantai dan terkadang properti yang digunakan. Maka dari itu kehadiran sajian tari bedhaya nyaris hampir selalu sama rasanya bila tidak ada kehadiran gendhing.
Nama tari bedhaya selalu diambil dari nama gendhingnya, seperti bedhaya Pangkur yang gendhingnya juga bernama gendhing Pangkur. Dilihat dari fakta tersebut kehadiran gendhing beksan pada tari bedhaya sangat berperan penting, tari bedhaya tidak bisa disajikan tanpa gendhing beksan tapi gendhing beksan dapat disajikan secara mandiri tanpa adanya tari bedhaya. Gendhing beksan pada tari bedhaya tidak berfungsi sebagai pengiring melainkan sebagai gendhing yang disajikan mandiri, seperti halnya musik Swan-Lakenya Tjaikofsky.
Intinya susunan vokabuler gerak tari bedhaya dan segala hal yang ada dalam tari bedhaya tidak akan menjadi indah tanpa kehadiran gendhing beksan yang membuat bedhaya semakin berkarakter dan bermakna.

Sumber: perkuliah Pengantar Etnomusikologi oleh Prof. Dr. Sri Hastanto, S.Kar tanggal 18 Desember 2012

No comments

Post a Comment

© アダン
Maira Gall