Monday, November 11, 2013

Right Place oleh Kosai Sekine




            Film ini bercerita tentang seorang pegawai sebuah toko yang memiliki sifat bahwa segala sesuatu itu harus pada tempatnya, lurus, dan terlihat rapi. Mulai dari segala aktivitas yang dia lakukan dirumahnya sebelum berangkat kerja, seperti meletakkan piring, sendok dan garpu di meja harus lurus, rapi dan dengan jarak yang pas, bahkan saat makan dan minum semuanya harus terlihat lurus dan rapi. Sampai saat di toko pun mulai ketika meletakkan barang-barang di etalase harus tersusun dengan rapi dan pada tempatnya, ketika mengembalikan uang kembalian ke pembeli pun harus rapi dan harus sesuai dengan masing-masing jenis uangnya. Hal ini dilihat oleh orang-orang disekitarnya sebagai sesuatu yang aneh, sampai pada akhirnya hanya karena dia melihat ada seorang wanita yang mengenakan kaus kaki tidak rapi dan dia rapikan tanpa bicara apa-apa mengakibatkan dia dipecat dari toko tempat dia bekerja. Dia sadar bahwa kalau dirinya itu sedikit eksentrik, tapi dia yakin dengan segala sesuatu yang berada disekelilingnya pada tempatnya, dirinya pun pasti akan berada pada tempatnya juga entah dimana di dunia ini.
            Hal menarik dari film ini adalah konsep ide dari sang sutradara Kosai Sekine asal Jepang, sangat sederhana tapi dapat menyuguhkan suatu karya yang cukup berisi dan menghibur. Sifat dari sang tokoh yang diawal kita kira adalah sumber masalah tapi ternyata sifat itu juga yang menyelamatkan dia pada akhirnya. Kepadatan dari tiap shot juga sangat baik, tidak ada waktu dari tiap shot yang terasa buang-buang waktu. Sudut pengambilan gambarnya pun cukup variatif, membuat bahasa visual di dalam film ini terus bicara sampai akhir.
            Sebagai sebuah karya film pendek yang sudah banyak memiliki penghargaan, maka sudah tidak diragukan lagi dari sisi kualitas maupun kuantitas dari film ini sudah sangat baik. Dari film ini juga dapat kita ambil pelajarannya, bahwa kita harus yakin dengan prinsip-prinsip kehidupan yang kita percayai dan kita lakukan. Percaya bahwa walaupun apa yang kita lakukan mungkin sedikit terlihat aneh atau bahkan sampai dikucilkan, tapi kalau menurut kita baik dan benar pasti akan ada tempat yang bisa menerima kita dengan kondisi seperti itu, entah dimanapun di dunia ini, kita hanya harus percaya.

No comments

Post a Comment

© アダン
Maira Gall