Saturday, August 25, 2012

Slow Motion

Hai hai.. Sudah lama tidak blogging karna banyak halangan, dari koneksi internet yang payah sampai sibuk sana-sini ngurus beberapa hal. Nah postingan kali ini gua akan bahas tentang Slow Motion Effect di dalam seni Editng Video.

Sebagai pengantar efek Slow Motion adalah proses editing video dengan memperlambat speed/durasi video menjadi lebih panjang atau melambat. Contoh gampangnya, tentu kalian pernah nonton film The Matrix kan? Efek slow motion pas ngehindarin peluru yang keren-keren itu namanya slow motion effect.

Langsung aja ke inti masalah (emang apa masalahhnya? haha) efek slow motion di dalam dunia editng video itu bermacam-macam tekniknya, dari yg paling simpel dengan main speed atau sampe memakai berbagai macam plugin di software editing.

Nah dalam proses editing slow motion kita harus memerhatikan beberapa hal yang penting, yaitu:

1. Frame Per Second (FPS)
2. PAL / NTFS
3. Data rate

Nah untuk poin pertama yakni FPS, dalam slowmo/slow motion (untuk selanjutnya akan gua singkat seperti itu) fps sangatlah penting. Hal itu sangat mempengaruhi kualitas slowmo karena menyangkut brapa banyak frame yang ada dalam tiap detiknya. Slowmo adalah menarik suatu footage video dari waktu aslinya menjadi lebih panjang/ditarik, jadi singkatnya makin rendah fps kualitas slowmo makin buruk (gerakan putus-putus) dan semakin tinggi fps maka kualitas slowmo makin baik (gerakan makin halus).

Poin Kedua adalah PAL / NTFS, hal ini lebih harus diperhatikan saat mau merekam gambar untuk slowmo, format video PAL kurang cocok untuk slowmo dibanding NTFS. Jadi ya selalu setel format gambar yang anda ambil menjadi NTFS kalau mau membuuat slowmo.

Poin ketiga adalah Data rate, di setiap video ada data rate yang menetukan kualitas video. Date rate sangat menentukan kenyamanan anda saat editing dan hasil dari editing itu sendiri. Jadi ya perlu diperhatikan juga.

Untuk editing slowmo gua saat ini masih mengandalkan plugin di Adobe After Effect yakni Twixtor Pro versi 4.5. Dengan kamera SLR Canon 600D, settingan yang biasa gua pakai adalah:

- 1280x720 HD 60fps (59.94fps)
- Shutter Speed 1000 s/d 4000
- Format NTFS
- Settingan lainnya relatif, tergantung kondisi lapangan

Dan ini beberapa hasil slowmo yang gua buat, sebelum memakain SLR gua masih memakai CamDig biasa dengan fps rata-rata 25-30fps.

Dan ini yang udah pake kamera slr canon 600d :
 So that's it.. Sori kalo bahasan gua agak acak-acakan, next time kalo agak segeran gua bahas lebih terstruktur dan lebih mendalam lagi. Thank's for nyimak :D hehe

2 comments

© アダン
Maira Gall