Sunday, August 26, 2012

Slow Motion pada After Effects dengan metode Time Stretch

Slow motion merupakan efek manipulasi kecepatan gambar. Pada prinsipnya slow motion bekerja dengan memperlambat kecepatan gambar dengan menambahkan durasi pada sebuah clip atau footage. slow motion banyak digunakan para editor video untuk kepentingan dramatisasi sebuah adegan atau cerita. Pada tutorial ini akan dibahas cara pembuatan slow motion pada Adobe After Effect CS3, 4 dan 5 dengan memanfaatkan time stretch. 
  1. 1. Buka Adobe after effect CS5 dan buat composition baru, pilih composition > new composition. Atur durasi sesuai kebutuhan Anda.

    Tampilan settingan composition
  2. 2. Import sebuah video yang Anda inginkan, kemudian klik dua kali pada project window. Drag and drop video menuju timeline window.
  3. 3. Berikutnya potong pada bagian yang akan diubah menjadi slow motion. Tekan Ctrl+Shift+Dpada bagian yang akan diubah.

    penempatan potongan video

  4. 4. Selanjutnya klik kanan > time > time stretchubah stretch factor menjadi 250% (semakin besar persentase semakin lambat gambar video yang dihasilkan) maka akan secara otomatis durasi video slow motion Anda pada timeline akan bertambah . Susun video hingga tertata rapi.

    Tampilan time stretch

    pengaturan time stretch
  5. 5. Klik icon enable frame kemudian klik kanan pada potongan frame blending > pixel motion.

    tampilan frame blending
  6. 6. Test video Anda dan lihat perbedaannya. Selamat mencoba.

No comments

Post a Comment

© アダン
Maira Gall